Home » » Berpelukan Itu Menyehatkan

Berpelukan Itu Menyehatkan

Written By el_mlipaki on Kamis, 02 Januari 2014 | 13.48




Sudah 5 tahun Ridho berada di tanah rantau, meski terbilang sukses dengan bisnisnya namun tetap saja yang namanya dinamika hidup menyisakan permasalahan disetiap sudutnya. Dibalik kebahagiaan Ridho atas bisnisnya tersimpan masalah atas pekerjaan yang setiap kali digelutinya. Pengusaha 31 tahun itupun kadang bingung bagaimana caranya untuk menetralisir stress yang kadang melanda, terlebih sampai kini iapun masih membujang. Untuk itu setiap beberapa bulan sekali dia sempatkan waktu untuk mudik ke kampung halaman sembari menjenguk orangtuanya.
Seperti biasa, setiap bertemu Ridhopun selalu memeluk kedua orangtuanya sebagai sikap hormat dan kasih sayang. Bagai hal yang ajaib, meski hanya beberapa hari tinggal di kampung bersama orangtuanya, ketika berangkat kembali ke kota Ridho nampak lebih bersemangat untuk menghadapi berbagai problema hidup
yang sudah menanti. Barangkali inilah energy positif yang mampu mengupgrade kembali optimisme Ridho. 
Ternyata hal tersebut bukan tanpa alasan, para pakar mengatakan, berpelukan dapat melepaskan hormon oksitosin. Hormon ini dapat membantu tubuh memerangi perasaan depresi, stres, kesepian, dan kemarahan. Oleh sebab itu, saat sedang cemas dan dipeluk, anda akan merasa lebih rileks dan aman.  Berpelukan juga dapat meningkatkan produksi hormon serotonin. Hormon ini berfungsi untuk mengatur suasana hati atau mood dan membuat anda merasa bahagia. Bahkan saat musim hujan, tidak ada salahnya anda sering memeluk pasangan suami/ istri. Sebab, berpelukan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.  
Tekanan lembut pada tulang dada dan timbulnya efek emosional merangsang kerja kelenjar timus yang berfungsi untuk mengatur dan menyeimbangkan produksi sel darah putih dalam tubuh. Seperti sudah diketahui, sel darah putih berfungsi untuk melindungi tubuh dari agen asing, mencegah penyakit dan menjaga anda tetap sehat.
Memeluk juga dapat menjadi sebuah cara untuk meningkatkan harga diri seseorang dan mengurangi nyeri. Dengan berpelukan, maka sirkulasi darah ke jaringan akan meningkat. Hal ini bisa mengurangi rasa sakit yang sedang anda rasakan dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Dengan efek rileks tersebut, irama jantung yang tak teratur akan menjadi lebih membaik.
Menurut seorang psikoterapis dan penulis kenamaan Virginia Satir sebenarnya manusia itu membutuhkan pelukan, "Anda membutuhkan empat pelukan per hari untuk bertahan hidup, delapan pelukan per hari untuk perawatan, dan 12 pelukan per hari untuk pertumbuhan,"
Manfaat sehat sentuhan dan pelukan
Sebuah belaian penuh kasih dari ibu ke anak atau sentuhan lembut antara pasangan nyatanya memiliki manfaat lebih dari sekadar tanda sayang. Seorang psikolog dari University College London mengatakan, "Sentuhan afektif biasanya diterima dari orang yang dicintai, sehingga temuan ini menonjolkan bagaimana hubungan dekat melibatkan perilaku yang memainkan peran penting dalam pembangunan kesadaran diri. Tidak hanya itu, sentuhan fisik yang positif juga bisa meningkatkan status kesehatan. Hal telah menunjukkan bahwa berpelukan bisa menurunkan tekanan darah dan melepaskan oksitosin. Memeluk seseorang yang anda cintai pun dapat mengurangi kecemasan." ungkapnya.


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Baris Iklan

BARIS IKLAN

BARIS IKLAN
Agen Tafsir Al Qur'an Al Ibriz Bahasa Jawa Tulisan Latin Semarang

Mengenai Saya

Foto saya
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
 
Support : Alfin | Alfin El-Mlipaki | Sciena Madani
Copyright © 2013. el_mlipaki - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Sciena Madani
Proudly powered by Wonder Ummi