Home » » Pentingnya Liburan Untuk Kesehatan

Pentingnya Liburan Untuk Kesehatan

Written By el_mlipaki on Kamis, 02 Januari 2014 | 11.02


Pada orang dewasa akan selalu berfikir, bahwa di balik sesuatu yang nikmat, biasanya tersimpan risiko yang membahayakan kesehatan. Seperti halnya pada makan-makanan yang rasanya lezat, berminyak, asin, pedas, dsb. Makanan seperti itu meskipun nikmat namun manjadi kewaspadaan tersendiri pada orang dewasa karena bisa memicu penyakit kronis yang ujungnya bisa membahayakan dirinya. Tidak ada yang salah dengan anggapan ini, namun juga tidak berarti bahwa tidak ada satupun kenikmatan yang menyehatkan. 
Berlibur, misalnya.
Bukan tanpa alasan jika beberapa orang menyebut hari libur sebagai hari kesehatan-mental. Melepaskan diri dari rutinitas pekerjaan, baik melancong maupun tinggal di rumah bisa meredakan stres dan menurunkan tekanan darah serta risiko penyakit jantung. Sebuah studi yang dilakukan di National Heart, Lung & Blood Institute di Bethesda, Maryland. Mereka mengatakan bahwa wanita yang bepergian keluar kota (dua kali atau lebih dalam satu tahun) berkemungkinan mencegah sakit jantung delapan kali lebih kecil daripada mereka yang tidak.
Studi lain yang diterbitkan oleh jurnal Psychosomatic Medicine, mengatakan wanita yang sering berekreasi memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil dan indeks masa tubuh yang rendah. Tidak berhenti sampai di sana, studi mengatakan bahwa orang yang sering berlibur memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Selain itu, penelitian pada tahun 2005 membuktikan, kebahagiaan yang didapat ternyata bukan ditentukan oleh lamanya waktu berlibur. Liburan pendek namun berulang-ulang lebih efektif meredakan stres dibanding satu kali liburan panjang namun jarang-jarang.
Tips Berlibur Sehat
·         Buat jadwal saksama. Rencanakan liburan secara saksama. Buat jadwal acara sesuai kebutuhan keluarga, jika berlibur bersama keluarga, mulai dari daftar tujuan wisata, akomodasi seperti hotel dan transportasi, hingga rencana cadangan jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.
·         Jadwal teratur. Meski sedang berlibur, atur sedemikian rupa agar acara liburan tidak mengganggu gaya hidup sehat kita, seperti latihan rutin di pagi hari terutama latihan peregangan, agar otot tidak kaku, sarapan sehat sebelum melakukan wisata, tidur yang cukup, dan makan makanan bergizi yang memberi energi dan menjaga sistem kekebalan tubuh agar kita tidak mudah terserang penyakit. Jika perlu suplemen juga bisa dipertimbangkan.
·         Jangan lupa obat. Siapkan obat dan taruh selalu obat dalam tas bawaan disertai salinan resep dari dokter/apotek. Jika mempunyai alergi atau penyakit tertentu misal jantung, pastikan membawa obat terkait. Perhatikan jadwal minum obat meskipun sedang berwisata. Penting juga menyiapkan obat-obatan emergensi terutama bila liburan membawa anak-anak di bawah umur.
·         Perhatikan konsumsi minuman dan makanan. Kebersihan adalah syarat utama untuk konsumsi selama berlibur. Dengan menyantap makanan yang bersih dan bergizi, tubuh akan sehat, terhindar dari berbagai kemungkinan penyakit yang disebabkan oleh makanan kotor seperti diare dan cacingan. Hindari membeli makanan di sembarang tempat, pilih tempat makan yang diyakini kebersihannya.


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Baris Iklan

BARIS IKLAN

BARIS IKLAN
Agen Tafsir Al Qur'an Al Ibriz Bahasa Jawa Tulisan Latin Semarang

Mengenai Saya

Foto saya
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
 
Support : Alfin | Alfin El-Mlipaki | Sciena Madani
Copyright © 2013. el_mlipaki - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Sciena Madani
Proudly powered by Wonder Ummi