Home » » MANFAAT KULIT MANGGIS

MANFAAT KULIT MANGGIS

Written By el_mlipaki on Rabu, 20 Juni 2012 | 11.13

Tahukah anda bahwa Manggis adalah satu-satunya buah yang tidak akan pernah busuk walaupun didiamkan di atas tanah selama apapun. Malahan kulit manggis akan mengering dan menjadi kayu. Itu semua karena kulit manggis mempunyai anti oksidan yang luar biasa dengan nama xanthone. Dalam kulit manggis mengandung 50 senyawa xanthone. Xanthone adalah bioflavonoid yang
bersifat antioksidan, antibakteri, antitumor, antialergi, antiinflamasi dan antihistamin. Di alam ini terdapat sekitar 200 jenis xanthone dimana 50 jenis diantaranya berada pada buah manggis (Garcinia mangostana). Senyawa itu tersebar pada kulit buah dan biji, kulit batang, daun serta sebagian kecil pada daging buahnya seperti yang terdapat dalam buku “Dahsyatnya Manggis untuk Menumpas Penyakit” karangan DR. Ir. Raffi Paramawati, Msi. Berikut ini kami sajikan khasiat dari kulit buah manggis ;

1. Menyembuhkan Dan Mencegah Kanker; Hasil penelitian para ilmuwan, ekstrak yang terdapat pada buah manggis dapat mencegah tumbuhnya sel-sel pada penderita leukimia, menahan laju perkembangan sel pada kanker paru-paru, kanker hati, dan kanker usus.
2. Mencegah Penyakit Yang Mematikan; Zat xanthones berkhasiat mengatasi penyakit yang dianggap berbahaya seperti diabetes, arthritis, Alzheimer, penyakit jantung, dll.
 3. Mengurangi Berat Badan; Zat xanthones melunakkan kembali sel-sel, dan dengan cepat mengubah zat makanan menjadi energi. Kondisi ini membuat kita menjadi lebih sehat dan pada saat yang bersamaan bisa mengatasi obesitas.
4. Mencegah Penyakit Jantung; Penyakit jantung dan arteriosclerosis terjadi karena pembuluh darah di sekitar jantung kehilangan elastisitasnya. Dan buah manggis bisa memulihkan kembali elastisitas pembuluh darah melalui anti mikorbial dan anti oksidan yang dimiliki buah tersebut. Setelah pembuluh di sekitar jantung sehat dan kuat, maka resiko terhadap serangan penyakit jantung berkurang.
5. Melawan Radikal Bebas; Buah manggis mengandung catechins yang terbukti lebih efektif dan lebih berdaya guna dibandingkan vitamin C atau vitamin E dalammelawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita.
 6. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi; Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga terjadi karena adanya gangguan pada pembuluh darah, dan ini beresiko terhadap penyakit jantung dan stroke. Buah manggis bisa mengatasi hal tersebut, terutama untuk menormalkan berat badan.
7. Menjaga Saluran Kencing; Zat xanthones adalah zat yang bisa mengaktifkan anti bakteri yang bisa meningkatkan kemampuan otot-otot pinggul pada wanita yang akan menurun karena usia. Dan kondisi ini berpengaruh padasaluran kencing. Demikian juga dengan pria yang akan mengalami pembesaran prostat sesuai dengan bertambahanya usia. Hal ini sering menimbulkan infeksi karena bakteri-bakteri yang tidak berguna tidak bisa dikeluarkan secara menyeluruh melalui saluran kencing.
 8. Mengatasi Gangguan Pernapasan; Salah satu keajaiban zat pembunuh bakteri xanthones yang terdapat pada buah manggis adalah mengatasi gangguan pernafasan.
9. Memelihara Kemampuan Mental; Zat anti oksidan bisa mencegah gangguan atau kerusakan otak yang sekarang banyak dialami oleh manusia seperti demensia, Alzherimer, Parkinson, stroke dan lain-lain yang merusak sistem syaraf pusat. Zat ini juga mencegah mental degeneration (penurunan kemampuan mental).
10. Menurunkan Kolesterol; Zat xanthones bisa mengurangi kolesterol “jahat” atau LDL (low density lippoprotein) yang berlebihan akan menempel di dinding dan menyempitkan pembuluh darah.
 11. Mengatasi Batu Ginjal; Mengkonsumsi manggis akan membuat kita lebih sering kencing sehingga dapat mencegah munculnya batu ginjal.

Cara Mengolah Kulit Manggis
Pertama dengan di rebus; ambil kulit buah manggis kemudian dipotong-potong dan direbus dengan satu liter air dan biarkan hanya tinggal sekitar setengah gelas air rebusannya. Selanjutnya air rebusan kulit manggis tadi disaring dan diminum rutin dua kali sehari sampai penyakit berangsur sembuh.
Yang ke dua di buat jus; Siapkan terlebih dahulu beberapa potong kulit manggis, Banyaknya tergantung keinginan kita sendiri. Saran para ahli mengatakan semakin banyak kulit manggis akan semakin bagus. Lalu ambil pada bagian dalamnya, usahakan tidak terkena bagian hitam kulit manggis (kulit luar) dan jangan sampai getahnya ikut-ikutan terambil, karena dapat menyebabkan rasa jus manggis menjadi pahit nantinya.
Pada langkah selanjutnya adalah memblender kulit yang telah kita dapatkan tadi, dapat di campur dengan susu kental, coklat bubuk, alpukat, gula dan es. Mau dicampur apapun tidak masalah tergantung dengan selera kita. Setelah beberapa menit jus kulit manggis tersebut sudah siap untuk disajikan.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Support : Alfin | Alfin El-Mlipaki | Sciena Madani
Copyright © 2013. el_mlipaki - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Sciena Madani
Proudly powered by Wonder Ummi