Home » » Otot Terkuat Dalam Tubuh Manusia

Otot Terkuat Dalam Tubuh Manusia

Written By el_mlipaki on Kamis, 02 Januari 2014 | 13.52



Ketika kita melihat tubuh dari para binaragawan, kesan yang pertama kali muncul adalah kekar dan berotot. Tentunya otot-otot yang dimiliki adalah otot-otot yang kuat karena telah menjalani berbagai sesi latihan angkat berat. Namun otot kekar yang dimiliki oleh para binaragawan, apakah menjadi representasi otot yang paling kuat didalam tubuh manusia? Ulasan berikut yang dilansir dari Helath24, adalah beberapa otot terkuat yang ada di dalam tubuh manusia.

Ternyata otot kekar yang dimiliki para binaragawan itu bukanlah otot-otot yang terkuat di dalam tubuh manusia, tetapi otot-otot yang lain. Seperti yang dilansir Health24, Otot-otot tersebut adalah otot lidah, otot bokong (gluteus maximus), otot-otot lembut yang ada di mata, otot rahim (pada wanita) dan otot jantung.
·         Otot lidah atau kelompok otot yang ada di lidah dianggap sebagai otot yang paling kuat karena otot tersebut hampir tidak pernah berhenti bekerja. Otot lidah utamanya digunakan saat seseorang tengah makan atau minum, yaitu digunakan untuk mendorong makanan atau cairan dari mulut ke kerongkongan. Bahkan di saat tidur sekalipun, otot-otot lidah tidak juga berhenti bekerja.
·         Otot bokong atau otot gluteus maximus. Otot ini merupakan otot yang paling besar yang ada di tubuh manusia yang membuat seseorang tetap bisa berdiri tegak saat dia berjalan. Saat seseorang mengalami cedera pada otot gluteus maximus-nya maka dia akan kesulitan berjalan atau berjalan dengan posisi pincang.
·         Otot-otot lembut yang ada di mata. Hal tersebut didasarkan atas ukurannya yang sangat kecil namun bekerja dengan sangat intens. Otot-otot yang ada di mata memiliki kekuatan dinamis yang sangat tangguh, karena mampu melakukan gerakan-gerakan berulang dengan sempurna. Sementara otot-otot yang ada di luar mata bekerja tanpa henti, termasuk ketika seseorang tidur.
·         Otot rahim yang hanya dimiliki oleh kaum hawa. Saat melahirkan, otot-otot rahimlah yang bertanggung jawab dalam mendorong bayi keluar dari perut sang ibu. Tidak memiliki hanya kekuatan yang luar biasa, namun otot-otot rahim sangatlah elastis. Hanya saja otot rahim digunakan hanya saat seorang wanita mengandung dan melahirkan, tidak seperti otot-otot sebelumnya.
·         Otot jantung. Bayangkan saja, dari semenjak lahir hingga meninggal, seseorang tidak pernah berhenti menggunakan otot jantungnya. Selama seseorang hidup, otot jantung kira-kira memompa sebanyak 2 miliar kali. Rasanya pantas jika otot jantung dinobatkan sebagai otot yang paling kuat yang ada di tubuh manusia.
Bisa membayangkan jika kita tanpa otot-otot di atas, akan jadi seperti apa tubuh kita, itupun otot akan tetap bisa kuat bekerja tanpa melalui latihan angkat berat. Keberadaan mereka menjadi penyempurna atas hal-hal menakjubkan lain dalam tubuh yang jarang kita ketahui.


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Baris Iklan

BARIS IKLAN

BARIS IKLAN
Agen Tafsir Al Qur'an Al Ibriz Bahasa Jawa Tulisan Latin Semarang

Mengenai Saya

Foto saya
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
 
Support : Alfin | Alfin El-Mlipaki | Sciena Madani
Copyright © 2013. el_mlipaki - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Sciena Madani
Proudly powered by Wonder Ummi