Home » » TAHUKAH ANDA TENTANG KEMATIAN?

TAHUKAH ANDA TENTANG KEMATIAN?

Written By el_mlipaki on Rabu, 13 Februari 2013 | 16.36


" Hai manusia, setiap orang pasti mati untuk menemui (kematian) yang hendak dielakkannya dengan melarikan diri. Kematian adalah tempat di mana hidup ini menggiring kita ke sana. Melarikan diri darinya berarti menangkapnya (karena waktu yang digunakan untuk berlari darinya justru semakin memperpendek dan mempercepat pertemuan dengannya)".
Ali bin Abi Thalib RA
            Dewasa ini dengan kecanggihan ilmu dan teknologi, telah berhasil menemukan peralatan canggih yang digunakan manusia untuk kepentingannya. Mereka mengganggap bahwa penemuan tersebut sangat berguna bagi kehidupan manusia. Salah satu contohnya adalah dalam dunia kecantikan. Banyak produsen kecantikan yang telah menemukan dan memasarkan kreem anti kerut pada kulit terutama pada daerah-daerah tertentu seperti bagian muka.

            Disisi lain ini adalah sebuah penemuan yang penting, namun disisi lain ini adalah sebuah bentuk perlawanan dengan hukum alamiah tentang perubahan wujud manusia seiring dengan berjalannya waktu. Hukum alamiah / fitrah manusia tentang penuaan ini pasti terjadi pada setiap manusia. Sama halnya dengan obat-obatan yang mereka temukan dengan klaim bisa memperpanjang umur. Hal ini sangat jelas bahwa mereka tidak bisa lagi menerima takdir akan kematian yang datang kepada mereka. Dan ini semua adalah tata aturan yang sudah atur sedemikian rupa oleh Alloh dengan sebaik-baiknya. Jadi jelas, tindakan mereka tersebut karena mereka takut mengalami kematian.
Demi Allah, seandainya jenazah yang sedang kalian tangisi bisa berbicara barang sekejap, lalu menceritakan (pengalaman sakaratul mautnya) pada kalian. Niscaya kalian akan segera melupakan jenazah tersebut dan mulai menangisi diri kalian sendiri. (Atsar al hasan)
Ka’b al-Ahbar berpendapat : “Sakaratul maut ibarat sebatang pohon berduri yang dimasukkan kedalam perut seseorang. Lalu, seorang lelaki menariknya dengan sekuat-kuatnya sehingga ranting itupun membawa semua bagian tubuh yang menyangkut padanya dan meninggalkan yang tersisa”.
Beberapa Nasehat Tentag Kematian:
1.      Kematian bersifat memaksa dan siap menghampiri siapa saja walaupun manusia berusaha menghindari dari resiko-resiko kematian.
Katakanlah; “Sekiranya kamu berada di rumahmu, niscaya orang-orang yang telah ditakdirkan akan mati terbunuh itu keluar(juga) ke tempat mereka terbunuh". Dan Allah (berbuat demikian) untuk menguji apa yang ada dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yang ada di dalam hatimu. Allah maha mengetahui isi hati. (Q.S: Ali Imran, 3: 154)
2.      Kematian akan mengejar siapa pun meski ia berlindung di balik benteng yang kokoh atau berlindung di balik teknologi kedokteran yang canggih serta ratusan dokter terbaik yang ada di muka bumi ini.
3.      Kematian akan mengejar siapapun walaupun ia lari menghindar.
Katakanlah: Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada Allah yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata. lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. (Q.S: Al-Jumuah, 62:8)
4.      Kematian datang secara tiba-tiba
"Sesungguhnya Allah, hanya pada sisinya sajalah pengetahuan tentang hari kiamat. dan Dialah yang menurunkan hujan dan mengetahui apa yang ada di dalam rahim. dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah maha mengetahui lagi maha mengenal". (Q.S: Lukman, 31:34).
            Hikmah dari kesemuanya adalah bagaimana kita bisa menerima akan setiap takdir yang Alloh ta’ala berikan kepada kita dan lebih baik mempersiapkan atau mencari bekal sebanyak-banyaknya di akhirat sebelum datangnya kematian dari pada melawannya.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Support : Alfin | Alfin El-Mlipaki | Sciena Madani
Copyright © 2013. el_mlipaki - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Sciena Madani
Proudly powered by Wonder Ummi