Home » » Memberikan Nama Anak, Hal Yang Perlu Diketahui Orangtua

Memberikan Nama Anak, Hal Yang Perlu Diketahui Orangtua

Written By el_mlipaki on Selasa, 17 Desember 2013 | 13.56

Ada sebuah ungkapan “apalah arti sebuah nama”. Oleh karenanya tidak jarang kita temukan di sekitar kita nama-nama orang yang asal. Ada disebuah kampung  di daerah Jawa Tengah yang memang pahaman agamanya tidak terlalu kuat, warga di sana banyak yang lantas memberikan nama anak-anak mereka asal-asalan. Misalnya Kepung, karena si anak ini lahir dikerumunii banyak orang, ada juga Wage karena kebetulan dia lahir tepat di hari jawa ‘wage’.
Di Indonesia, hal itu memang tidak terlalu banyak dijumpai, karena kini para orangtua lebih banyak mengadopsi nama-nama orang barat untuk dijadikan nama anak mereka, misalnya; Alex, Tony, Andrew, Sisca, dll. Ataupun memberikan nama-nama yang umum berlaku di daerah masing-masing, missal di Jawa bernama Jono, atau di Sunda Asep, di Makasar ada Deang, dll.
Hal ini sangat berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di Inggris, di sana Nama "Muhammad" ternyata paling banyak digunakan sebagai nama bayi di London, Inggris, pada tahun 2012. Nama Rasulullah SAW ini bahkan merupakan nama paling populer kedua yang dijadikan sebagai nama bayi-bayi di seluruh Inggris dan Wales. Fakta ini dilaporkan Kantor Statistik Internasional Inggris (ONS), seperti dikutip dari Daily Express, Senin (12/08). Laporan tahunan tersebut mencantumkan 100 nama depan paling populer bagi bayi lelaki dan perempuan di Inggris.
Kewajiban orangtua memberikan nama terbaik untuk anak

Sebagai seorang muslim kita tidak bisa menganggap biasa ketika memberikan nama anak, bahkan Rasulullah SAW telah berpesan untuk memberikan nama yang baik. Nabi SAW bersabda dari Abu Hurairah, katanya, “Sesungguhnya kewajiban orang tua dalam memenuhi hak anak itu ada tiga, yakni: pertama, memberi nama yang baik ketika lahir. Kedua, mendidiknya dengan al-Qur’an dan ketiga, mengawinkan ketika menginjak dewasa.” (HR. At Tirmidzi)
Syaikh Muhammad bin Utsaimin mengatakan, “Pemberian nama adalah hak seorang ayah akan tetapi bermusyawarah dan meminta pendapat saudara-saudaranya dan ibunya adalah baik untuk menciptakan suasana yang ramah.”
Pentingnya Pemberian Nama
Nama adalah ciri atau tanda, maksudnya adalah orang yang diberi nama dapat mengenal dirinya atau dikenal oleh orang lain. Dalam Al-Qur’anu Allah SWT berfirman; “Hai Zakaria, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia” (QS. Maryam: 7).
Ibnu Hazm berkata dalam Marotib Al-Ijma’ “Para ulama bersepakat akan wajibnya memberi nama kapada anak laki-laki dan perempuan, dan hakikat pemberian nama kepada anak adalah agar ia dikenal serta memuliakannya. Oleh sebab itu apabila seseorang tidak diberi nama, maka ia akan menjadi seorang yang majhul (tidak dikenal) oleh masyarakat.”
Memilih nama terbaik untuk anak
Kewajiban bagi seorang bapak adalah memilih nama terbaik bagi anaknya, baik dari sisi lafadz dan maknanya, sesuai dengan syar’iy dan lisan arab. Kadangkala pemberian nama kepada seorang anak baik adab dan diterima oleh telinga/pendangaran akan tetapi nama tersebut tidak sesuai dengan syari’at.
·         Nama yang disukai Allah
Misal Abdullah, Abdurrahman. Kedua nama ini sangat disukai oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala sebagaimana diterangkan oleh Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Abu Dawud dll. Kedua nama ini menunjukkan penghambaan kepada Allah Azza wa Jalla.
·         Nama yang indah
Misal: Abdul Aziz, Abdul Ghoniy dll. Dan orang yang pertama yang menamai anaknya dengan nama yang demikian adalah sahabat Ibn Marwan bin Al-Hakim. Sesungguhnya orang-orang Syi’ah tidak memberikan nama kepada anak-anak mereka seperti hal ini, mereka mengharamkan diri mereka sendiri memberikan nama anak mereka denganAbdurrahman sebab orang yang telah membunuh ‘Ali bin Abi Tholib adalah Abdurrahman bin Muljam.
·         Nama nabi dan orang sholih
Dan seutama-utamanya nama para nabi adalah nama nabi dan rasul kita Muhammad SAW. Rasulullah SAW, bersabda: “Sesungguhnya mereka memberikan nama (pada anak-anak mereka) dengan nama-nama para nabi dan orang-orang sholih” (HR. Muslim).
Berkata Ibnul Qoyyim Al-Jauziyyah, “Dan yang benar adalah pemberian nama dengan namanya (yakni Muhammad, pent) adalah boleh. Sedangkan berkun-yah (gelar) dengan kun-yahnya adalah dilarang dan pelarangan menggunakan kun-yahnya pada saat beliau SAW masih hidup lebih keras dan penggabungan antara nama dan kunyah beliau SAW juga terlarang”.
Nama yang diharamkan
            Ibnul Qoyyim mengatakan dalam Tuhfatul Mauduud “Bahwa tidak dibolehkan memberikan nama-nama penghambaan selain kepada Allah SWT, missal Abdur Rasul (=hambanya Rasul), Abdun Nabi (=hambanya Nabi) dll. Sedangkan selain nama Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, misal: Abdul ‘Izza (=hambanya Al-‘Izza (nama patung/berhala), Abdul Ka’bah (=hambanya Ka’bah), Abdus Syamsu (=hambanya Matahari) dll. Memberi nama dengan nama-nama Allah SWT, misal: Rahim, Rahman, Kholiq dll. Memberi nama dengan nama-nama asing atau nama-nama orang kafir. Memberi nama dengan nama-nama patung/berhala atau sesembahan selain Allah Ta’ala, misal: Al-Lat, Al-‘Uzza dll. Memberi nama dengan nama-nama asing baik yang berasal dari Turki, Faris, Barbar dll.”
Nama yang dimakruhkan
Para ulama telah memakruhkan memberi nama anak dengan nama-nama orang fasiq, penzina dll. Memberi nama anak dengan nama perbuatan-perbuatan jelek atau perbuatan-perbuatan maksiat. Memberi nama anak dengan nama para pengikut Fir’un, misal: Fir’un, Qarun, Haman. Memberi nama anak dengan nama-nama hewan yang telah dikenal akan sifat-sifat jeleknya, misal: Anjing, keledai dll. Memberi nama anak dengan Ism, mashdar, atau sifat-sifat yang menyerupai terhadap lafzdz “agama” (din), dan lafadz “Islam” (islam), misal: Nurruddin, Dliyauddin, Saiful Islam dll. Memberi nama dengan nama-nama surat dalam Al-Qur’an, misal: Thoha, Yasin dll.


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Baris Iklan

BARIS IKLAN

BARIS IKLAN
Agen Tafsir Al Qur'an Al Ibriz Bahasa Jawa Tulisan Latin Semarang

Mengenai Saya

Foto saya
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Arsip Blog

 
Support : Alfin | Alfin El-Mlipaki | Sciena Madani
Copyright © 2013. el_mlipaki - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Sciena Madani
Proudly powered by Wonder Ummi