Home » » Berharap Pada Allah dan Takut Dosa

Berharap Pada Allah dan Takut Dosa

Written By el_mlipaki on Kamis, 21 November 2013 | 16.11


“Janganlah seseorang hamba itu mengharap selain kepada Allah dan janganlah dia takut selain kepada dosanya.” Ali ibn Abi Thalib RA
Allah SWT adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu (QS. Al Ikhlas: 2). Salah satu nama Allah dalam Asma’ul Husna adalah Ash Shamad. Kata ini ada dalam Al Quran surah Al-Ikhlas, Ash Shamad dapat diartikan sebagai Allah Yang Maha Dibutuhkan.
Allah SWT adalah tempat bergantung segala sesuatu, maka kita harus bergantung sepenuhnya hanya pada Allah.  Dan apabila kita telah benar-benar hanya bergantung kepada Allah, maka berarti kita tidak akan pernah meminta sedikit pun kepada selain Allah SWT. Karena hanya Allah yang Maha Mengetahui semua kebutuhan kita. Dan yang sesungguhnya adalah, tidak ada siapapun dan apapun yang bisa menolong kita, selain Allah dan atas ijin Allah SWT.
Dalam kehidupan kita di dunia, khususnya dalam memenuhi apa yang menjadi hajat kebutuhan hidup kita, masih ada dari kita yang kadang bergantung dan berharap pada mahluk, karena itu sebagian dari kita sering berusaha sekuat tenaga untuk mendapat simpati dari mahluk. Ini adalah kekeliruan yang sangat besar,
karena menggantungkan harapan pada makhluk hanya akan menimbulkan kekecewaan saja. Justeru ketika kita meminta kepada selain Allah (mahluk) maka itu termasuk perbuatan dosa, bahkan masuk dalam golongan dosa besar karena telah menduakan Allah SWT.
Karena itu, jika kita hendak meminta pertolongan dan perlindungan, maka mintalah pertolongan dan perlindungan hanya kepada Allah, Yang Maha Kuat, Maha Perkasa, Maha Kokoh dan Maha Melindungi. Karena itu, kita harus melatih diri untuk tidak bergantung pada makhluk, termasuk pada jabatan, harta, pasangan hidup, dan pertolongan manusia atau mahluk.
Perhatikan doa Rasulullah SAW berikut ini :seperti yang disampaikan oleh Abdullah bin Umar ra. Ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan untaian doa ini ketika pagi dan sore: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah aku memohon kepada-Mu ampunan dan keselamatan dalam agamaku, duniaku, keluargaku dan hartaku. Ya Allah, tutuplah auratku. Lindungilah ketakutanku. Ya Allah peliharalah aku dari hadapanku, dari belakangku, dari sisi kananku, dari sisi kiriku, dari atasku. Aku berlindung dengan keagunganMu diserang dari bawahku.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah)
Sedangkan dosa adalah suatu perbuatan yang melanggar aturan Allah SWT. Maka ganjaran yang tepat untuk sebuah perilaku dosa adalah neraka. Terlebih dosa itu adalah dosa syirik, yaitu dosa besar yang dilakukan oleh seorang hamba, maka tiada ampunan bagi dirinya. Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya". (QS. An Nisaa: 48).
Tidak ada orang di dunia ini yang dijamin terbebas dari dosa oleh karena itu takutlah kita akan azab Allah SWT karena dosa-dosa yang telah kita perbuat. Karena Sesugguhnya orang-orang yang mereka takut kepada Rabb-Nya (Allah subhanahu wata'ala), dan mereka kemudian beribadah kepada Allah ta'ala, dan tidak berbuat kemaksiatan serta dosa-dosa, karena takut pada Allah ta'ala yang tidak mereka lihat, yang ghaib, yang tidak tampak oleh mata mereka.

Dan orang-orang tersebut takut kepada adzab diakhirat bagi yang melanggar aturan Allah subhanahu wata'ala, padahal mereka saat ini didunia belum melihat Allah ta'ala, maka bagi mereka ampunan dari Allah ta'ala dari dosa-dosa mereka, dan mereka mendaptkan kabar gembira berupa pahala yang besar yaitu surga. Cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik pelindung. Dia adalah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Baris Iklan

BARIS IKLAN

BARIS IKLAN
Agen Tafsir Al Qur'an Al Ibriz Bahasa Jawa Tulisan Latin Semarang

Mengenai Saya

Foto saya
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Arsip Blog

 
Support : Alfin | Alfin El-Mlipaki | Sciena Madani
Copyright © 2013. el_mlipaki - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Sciena Madani
Proudly powered by Wonder Ummi